taufiq

Thursday, April 11, 2013

Sejarah Kopi Luwak



   Agand-agand pasti dah tau kan sekarang lagi booming banget nih yang namanya kopi luwak,dan pastinya sudah pada nyobain donk?
sebagai penikmatnya apakah agan sudah tau gimana sejarahnya kopi luwak yang bercita rasa kopi sejati?
yuuk langsung aja kita baca sejarahnya..


   Kopi Luwak adalah kopi yang tercipta dengan proses seleksi alami melalui binatang Luwak (Paradoxorus hermaproditus). Abad ke-18 adalah awal dimulanya sejarah kopi Luwak di Indonesia. Saat itu pemerintah Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di Hindia Belanda, khususnya di pulau Jawa dan Sumatera. Salah satu yang dibudidayakan adalah bibit kopi arabika, didatangkan langsung dari Yaman. Negara Indonesia sangat dikenal oleh dunia sebagai penghasil kopi luwak terbesar dengan cita rasa kopi sejati. Kehadiran kopi luwak sangat rentan kaitannya dengan kedatangan para penjajah asing. Seiring dengan maraknya tanam paksa untuk tumbuhan kopi saat itu terjadi pada masa penjajahan oleh Belanda. Peraturan pun diberlakukan bagi para buruh petani tidak diperbolehkan untuk menikmati panen hasil kopi tersebut. Sejarah mencatat pada sekitar abad ke 19 tepatnya di jawa tengah dikisahkan beberapa buruh petani menemukkan beberapa onggok kotoran (feses) binatang luwak di sekitar perkebunan kopi. Kotoran itu berbentuk biji kopi yang masih memiliki kulit tanduk dalam kondisi kering. Karena para buruh petani ini memang tidak diperbolehkan untuk menikmati hasil panen kopi seperti disebutkan diatas maka mereka mencoba untuk berinisiatif bagaimana caranya supaya bisa meminum kopi secara gratis, sehingga kotoran binatang luwak yang sudah kering itu pun dibawa pulang ke rumah untuk diolah hingga benar - benar dapat dikonsumsi dalam keadaan bubuk (grounded beans). Beranjak dari sini sudah mulai terkuak bagaimanan dimulainya sejarah kopi luwak indonesia

   Alangkah terkejutnya para buruh tani saat merasakan betapa nikmatnya biji kopi yang berasal dari kotoran hewan luwak yang mereka temukan di sekitar  area perkebunan  kopi. Betapa tidak seperti terjadi suatu keajaiban bau kopi yang menyengat serta cita rasa yang nikmat benar - benar berbeda dan terasa lebih nikmat dari kopi biasa. Lambat laun secara perlahan terjadi komunikasi sesama buruh petani dan saling memberitahukan tentang perihal ini satu sama lain sehingga pihak pemiliki kebun kopi pun mengetahuinya. Akhirnya mulai saat itu pemilik kebun pun tertarik dan memerintahkan para buruh petani kopi untuk mendapatkan kotoran binatang luwak, tentunya dengan imbalan.
   Gimana nih buat agan yang belum nyobain,anda tertarik ?

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih atas kunjingannya [[xatgoo]]

No comments:

Post a Comment