taufiq

Sunday, December 1, 2013

Pertambangan di OKU Timur


Bahan
    galian merupakan salah satu aset Kabupaten OKU Timur untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain potensi kekayaan bahan tambang golongan C di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Komering, potensi kekayaan alam Kabupaten OKU Timur juga meliputi batubara dan minyak bumi. Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR mengajak investor datang dan mengeksplorasi potensi bahan-bahan tambang tersebut untuk kemakmuran masyarakat.
Kabupaten OKU Timur memiliki empat macam barang tambang yang sudah dieksploitasi, diantaranya adalah pasir, tanah liat, andesit/batu sungai/batu pecah dan batu koral. Pada tahun 2006 hasil produksi yang paling banyak ditambang adalah pasir, yaitu sebanyak 60.000 ton diikuti oleh batu koral sebesar 37.500 ton.
Selain itu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur mempunyai potensi di barang tambang yang lain, yaitu batubara dan marmer. Diperkirakan pada tahun 2006 kabupaten Ogan Komering Ulu Timur mempunyai cadangan batubara sebanyak 207,705 juta ton dan marmer sebesar, 14,6 juta ton. Cadangan batubara terbanyak berada di kecamatan Madang Suku III yang diperkirakan sebanyak 77 juta ton, diikuti kecamatan Buay Madang, kecamatan Buay Pemuka Peliung dan kecamatan Jayapura masing-masing diperkirakan sebanyak 50 juta ton.

No comments:

Post a Comment